Label

Selasa, 17 Januari 2012

Sholat Jumat (Lanjutan)

OK,,,
Sekarang kita bahas tentang syarat sah sholat Jumat. Syarat sah sholat Jumat (yang saya dapat dari hasil ngaji kemaren) ada 3. Sebenarnya lebih dari 3 sih, tapi karena saya lemot nyatetnya akhirnya cuma bisa nangkep 3.hehehe,,, 3 itu adalah:

1. Tempat/Wilayah
Sholat Jumat itu harus dilaksanakan di dalam suatu wilayah seperti permukiman, perumahan, atau yang sejenis lainnya dan di dalam suatu tempat/ruangan seperti masjid. Jadi gak boleh dilakukan diruang terbuka seperti padang pasir/gurun/tanah lapang. Beda dengan sholat fardhu 5 waktu dan sholat Ied yang bisa dilakukan diruang terbuka.

2. 40 Orang laki-laki yang telah diwajibkan untuk menunaikan sholat Jumat
Jamaah sholat Jumat itu minimal terdiri dari 40 orang yang menetap di daerah tempat masjid dilaksanakannya sholat itu. Yang harus diperhatikan disini adalah harus menetap, jadi kalo dalam sholat Jumat itu penduduk yang menetap (penduduk asli) kurang dari 40 maka sholat Jumat itu tidak sah. Hal seperti ini biasa terjadi di kampus-kampus seperti kampus kita ini, masjid-masjid tu kalo ada mahasiswa jadi penuh banget tiap sholat Jumat, tapi kalo pas liburan jadi banyak yang kosong. Jadi yang membuat masjid itu penuh dikala sholat Jumat adalah mahasiswa, mahasiswa itu tidak termasuk penduduk yang menetap, tapi hanya tinggal untuk sementara waktu, sehingga mahasiswa tidak masuk dalam hitungan 40 itu.
Selain itu, diantara 40 orang itu tidak termasuk anak kecil, wanita, dan orang2 yang mampir untuk ikut sholat Jumat lho,,, Intinya kalo dalam sholat Jumat itu penduduk aslinya yang diwajibkan ( orang yang wajib sholat Jumat kalian liat sendiri di pembahasan seblunya ya???) kurang dari 40, maka tidak sah sholat jumat itu. Trus bagiamana kita mengatasi hal itu? sabaaarrrr,,,, Kita bahas setelah pokok bahasan ini selesai.


3. Dilaksanakan waktu Dhuhur
Sholat Jumat harus dilakukan diantara waktu sholat dhuhur. Kalo belum masuk waktu dhuhur dan telah habis waktu dhuhur maka sholat Jumat itu tidak sah. Jadi kalo udah Asyar gak boleh sholat Jumat lho,,,,, :)

Nah,,, sekarang kita bahas gimana sikap kita untuk mengatasi ketidakabsahan sholat Jumat itu. Kalo kita perkirakan dalam jamaah sholat Jumat penduduk aslinya kurang dari 40 maka setelah sholat Jumat kita tunaikan lagi sholat Dhuhur 4 rokaat untuk mengganti sholat yang tidah sah itu. Masalahnya bagaimana cara mengestimasi jumlah penduduk asli???? Ya kita liat aja perumahan sekitar seperti apa??? kalo memang banyak rumah penduduk maka bisa dikatakan banyak penduduk asli, tapi kalo banyak kos2an kurang bisa dinyatakan bahwa banyak penduduk asli disitu.


Pembahasan selanjutnya adalah tentang syarat sah khutbah Jumat. Lagi-lagi saya lemot nyatet, jadi cuma tercatat 3 point. :(    Maaf ya kaks??????
Yaudah deh, daripada menyesali kelemotan yang ada, saya tulis aja yang saya tangkep yaaaaa?????hehehe
3 hal tersebut adalah:

1. Dilakukan sebanyak dua kali yang dilakukan dengan berdiri bagi yang mampu.
Jadi gak semua khotib harus berdiri untuk khotbah, hanya bagi mereka yang mampu saja. Tapi keterlaluan banget gak sih kalo yang disuruh jadi khotib adalah orang yang tidak mampu berdiri, yang lain pada kemana cyiiiiinnnn????hahahaha
Ok lanjut,,,,

2. Dua khutbah tersebut dipisahkan dengan duduk sebentar dengan tumakninah.
Dalam duduk tersebut harus tumakninah ya???? gak boleh buru2 berdiri dan gak boleh terlalu lama duduk. Kalo kayak gitu hukumnya makruh lho,,,,
Ukuran tumakninah tu kata Ustadz Bukhori adalah selama bacaan surat Al-Ikhlas,,,

3. Tidak boleh emosional
Jadi seorang khotib itu tidak boleh emosional dalam berkhutbah, apalagi sampai mengangkat tangan gitu, apalagi sambil bercanda,,, GAK boleh pak,,,, Khotbah Jumat itu harus santun dan to the point. OK


Selanjutnya adalah tentang rukun khutbah. Kalo rukun ini gak terlaksana maka gak sah juga lho sholat Jumat itu. Yang saya dapat dari ngaji kemarin ada 8 rukun 2 khutbah Jumat, yaitu:

1. Khotib harus membaca Hamdalah sebelum memulai khutbah pertama.
Bagi para cowok2 muslim pasti udah sering denger kan kalo pas sholat Jumat itu selalu diawali dengan bacaa Hamdalah,,,

2. Sholawat
Hal ini yang biasa terlupakan oleh para khotib dalam sholat Jumat. Kalo ada khotib yang lupa baca sholawat maka makmum WAJIB mengingatkan.

3. Wasiat Takwa
Wasiat ini bisa dilafadzkan dalam bahasa arab atau bahasa daerah atau nasional. Pokoknya harus ada WASIAT. Ok,,,

4. Membaca satu ayat Al-Quran pada salah satu khutbah
Terserah mau baca ayat apa, yang penting ayat itu merupakan ayat Al-Quran. :)

5. Khutbah didengar oleh 40 orang.
Hal ini ni yang rawan tidak terlaksana yang biasanya dikarenakan para jamaahnya ngantuk. Jadi gak didengar oleh 40 orang. Jadi hati-hati ya bagi yang jamaah Jumatnya tepat 40. Kalo ada yang ngantuk bahaya,hahahahaha

6. Gak boleh ada kekosongan waktu yang lama
Hal ini jarang terjadi sih, tapi harus diperhatikan juga. Misalnya adalah ketika khotib tiba2 perutnya sakit seperti melilit yang mengakibatkan khotib berhenti lama karena menahan rasa sakit, sehingga suasana jadi hening.hahaha

7. Menutup Aurat
Hal ini sama dengan sholat-sholat fardhu lainnya.

8. Suci dari Hadas pada badan, tempat, dan pakaian.
Hal ini sama dengan sholat fardhu lainnya juga. Kalo ditengah2 sholat Imam teringat kalo ada pakaiannya yang ternyata najis seperti celana dalam bekas pipis yang kurang bersih waktu membersihkan maka imam tersebut harus keluar sebagai imam. Kalo gak demikian Imam tersebut menanggung 2 dosa yaitu dosa karena sholatnya tidak sah dan bermain2 dengan agama. Jadi harus hati2 ya,,,, Tapi kalo ingetnya pas sholat selesai gk dosa kok, tapi harus mengulang sholatnya sendiri karena sholatnya tidak sah. Trus gimana dengan makmumnya?? Makmum tetep sah sholatnya karena gak tau-menau tentang imamnya.

Akhirnya selesai juga nulisnya,hahahah
Untuk ngaji tentang sholat Jumat selanjutnya tunggu seminggu lagi ya. :)
Wassalam,,,,

2 komentar:

Night Diamond Slide Glow